MTsN 3 Kediri

Jalan Pahlawan - Purwoasri - Kabupaten Kediri

Madrasah Hebat Bermartabat

Pelatihan Pendidikan 4.0 bersama SEOMOLEC QITEP Bandung di MTsN 3 Kediri

Kamis, 10 September 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 23 Kali

     Kabupaten Kediri, Jawa Timur (MTsN 3) – Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kediri terus memantapkan diri untuk menyongsong masa pembelajaran tahun pelajaran 2020/2021 Di antaranya dengan menggelar pelatihan E-Learning bersama SEOMOLEC QITEP Bandung yang  bertempat  di aula Madrasah, selama tiga hari tanggal 10 s.d 12 September 2020. Pelatihan tersebut turut dihadiri Kasi Pendma Kemenag Kab. Kediri, Camat, Pengawas Madrasah,  dan Kepala Madrasah se-KKM MTsN 3 Kediri.

     Pada pelaksanaan menggelar pelatihan E-Learning bersama SEOMOLEC QITEP Bandung, MTsN 3 Kediri menerapkan prtotokol kesehatan yang ketat mulai penngecekan suhu, penyemprotan desinfektan di setiap ruang, penyediaan tempat cuci tangan, dan jaga jarak. Pelatihan tersebut dimulai pukul 08.00 dengan dibuka secara langsung Enim Hartono, Kasi Pendma Kemenag Kab. Kediri.

     Dalam pengarahannya, Enim Hartono menekankan pentingnya guru dan segenap tenaga pendidikan memahami tugas masing-masing, khususnya dalam penyelenggaraan KBM secara daring (dalam jaringan). Sebab menyampaikan materi secara Daring tidak sama dengan yang bertatap muka langsung.

“Kurikulum darurat disusun untuk melaksanakan pembelajaran agar tetap jalan di masa pandemi covid ini. Perlu ketelatenan, kesabaran dan sebagainya agar siswa bisa menyerap materi pelajaran yang kita sampaikan,” ujarnya.

     Lalu pada sambutan Jamiluddin selaku kepala MTsN 3 Kediri, menyampaikan bahwa kehadiran virus corona benar-benar menjadi mimpi buruk bagi masyarakat. Corona tidak hanya mengancam nyawa manusia tapi juga membikin prahara di dunia pendidikan. Sehingga mau tidak mau, proses belajar dan pembelajaran harus digelar secara daring. Walaupun demikian, lanjutnya, MTsN 3 Kediri selalu siap untuk menyelenggarakan pembelajaran secara daring tanpa khawatir kualitasnya tereduksi.

“Insyaallah kami selalu siap melaksanakan KBM daring, dan memang itu harus. Sebab jangan sampai madrasah nanti menjadi klaster baru penyebaran virus Corona,” urainya.

     Ali Imron selaku perwakilan SEOMOLEC QITEP Bandung menyampaikan di era pandemi seperti ini mau tidak mau kegiatan belajar mengajar (KBM) harus dilakukan secara daring. “Di era seperti ini harus dimanfaatkan sebagai ajang guru berinovasi menggunakan teknologi dalam pembelajaran,” ujarnya.

    Kegiatan pelatihan E-Learning bersama SEOMOLEC QITEP Bandung dilaksanakan secara tatap muka dimulai pukul 08.00-12.00 selama tiga hari dan offline berupa penugasan yang dikerjakan di rumah masing-masing.

 

(hms/mtsn3kdr)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT