MTsN 3 Kediri

Jalan Pahlawan - Purwoasri - Kabupaten Kediri

Madrasah Hebat Bermartabat

HALAL BI HALAL KELUARGA BESAR MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KEDIRI

Kamis, 13 Juni 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 916 Kali

     Purwoasri (13/6) - Keluarga besar mengadakan kegiatan rutin pada hari raya idul fitri yaitu halal bi halal di rumah bapak ibu kelurga besar MTsN 3 Kediri yang mendapatkan giliran. Halal bi halal adalah kegiatan  saling bermaaf-maafan dengan sesama di hari raya idul fitri yang dilakukan dengan tujuan untuk menjaga tali silaturahmi. Halal bi halal ini merupakan tradisi asli dari Indonesia. Pada tahun ini kegiatan halal bi halal dilaksanakan di rumah Bapak Komarodin, S.Pd yang beralamatkan desa Sugihwaras, Kecamatan Purwoasri.

     Halal bi halal dimulai pukul 08.00. Pada acara tersebut juga turut mengundang Kh. Abdul Nasir Badrus Sholeh selaku pengasuh Pondok Pesantren Al Hikmah, Bapak Dr. Drs. M. Amir Sholehuddin, M.Pd.I selaku Kakankemenag Kabupaten Kediri, dan Bapak Ibu keluarga besar madrasah yang sudah tidak bertugas di madrasah.

      Rangkaian kegiatan pada halal bi halal pada hari ini yaitu pembacaan tahlil, sambutan Bapak Kepala MTsN 3 Kediri, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kediri, dan ceramah  Bapak Kh. Abdul Nasir Badrus Sholeh. Pada sambutannya Bapak Drs Jamiluddin, M.Pd.I selaku Kepala MTsN 3 Kediri menyampaikan, “Bahwa kegiatan halal bi halal ini harus tetap diadakan setiap tahunnnya dengan tujuan untuk menjaga tali silaturahmi antar sesama. Selain itu melalui kegiatan silaturahmi ini sangat dianjurkan oleh islam yang memiliki keutamaan antara lain memperpanjang umur, menambahkan rezeki, menambahkan ketaatan kepada Allah SWT, dan menjauhkan dari neraka dan mendekatkan ke surga. Hendaknya kita bisa mempertahankan tradisi ini.”

     Kemudian dilanjutkan sambutan dari Bapak Dr. Drs. M. Amir Sholehuddin, M.Pd.I selaku Kakankemenag Kabupaten Kediri. Pada sambutannya ini Beliau menyampaikan, “Tradisi halal bi halal ini hanya ada di Indonesia dan merupakan tradisi yang bagus harus dilestarikan sampai diturunkan ke anak cucu sampai generasi-generasi berikutnya. Halal bi halal pun memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu menjaga dan mempererat tali persaudaraan antar keluarga besar madrasah.” “Sebagai penutup Saya harap dengan semangat idul fitri Bapak Ibu kelurga besar MTsN 3 Kediri lebih professional dalam bekerja guna mewujudkan madrasah yang hebat bermartabat,” pungkas Beliau.

    Pada acara inti pada halal bi halal ini yaitu ceramah dari Bapak Kh. Abdul Nasir Badrus Sholeh selaku pengasuh Pondok Pesantren Al Hikmah. Pada ceramahnya beliau menyampaikan, “Menjadi seorang tokoh atau panutan untuk sulit termasuk menjadi guru atau pendidik yang dijadikan panutan siswa-siswi. Hal ini karena setiap tindak-tanduk kita akan dicontoh oleh mereka. Maka dari itu kita yang dianggap menjadi tokoh atau panutan harus bisa lebih baik dalam bertindak agar bisa dicontoh mereka dengan baik pula. Selain itu saya harap Bapak Ibu guru juga tidak hanya sekadar mengajar ke siswa, tetapi bapak ibu guru juga belajar lagi untuk senantiasa memperbaharui ilmunya. Kemudian siswa jangan hanya dituntut mampu menguasai pelajaran-pelajaran, tetapi juga yang paling utama adalah memiliki akhlak yang baik dan bersikap antar sesama yang paling utama kepada kedua orang tua.”

    Setelah kegiatan inti ceramah, dilanjutkan bersalam-salaman dengan seluruh keluarga besar MTsN 3 Kediri. kegiatan halal bi halal ini selesai pukul 11.00 wib.

 

TIM HUMAS MTSN 3 KEDIRI

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT