MTsN 3 Kediri

Jalan Pahlawan - Purwoasri - Kabupaten Kediri

Madrasah Hebat Bermartabat

MTs Negeri 3 Kediri Bakar Sate 1000 Meter dan Manasik 2019

Selasa, 13 Agustus 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 700 Kali

   Purwoasri – Idul adha 1440 H jatuh pada hari minggu (11/8). Pada hari raya Idul adha tahun ini MTs Negeri 3 Kediri mengusung tema ”Reintepretasi Makna Sembelih (semangat berkurban melatih keikhlasan) dan Manasik (menanamkan sikap ikhlas) sebagai Upaya Internalisasi Nilai Keikhlasan”. Tema dari kegiatan tesebut menekankan akan pentingnya memiliki sifat ikhlas. 

   Rangkaian kegiatan di MTsN 3 Kediri perayaan idul adha iyaitu manasik, lomba kebersihan kelas, dan membakar sate secara bersama-sama. Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari senin- selasa tanggal 12-13 agustus 2019. Hari senin (12/8), kegiatannya yaitu manasik haji. Manasik haji tersebut memiliki arti suatu peragaan pelaksanaan  ibadah haji sesuai rukun-rukunnya. Manasik haji juga merupakan kegiatan rutin yang diadakan di madrasah setiap hari raya idul adha. Tujuan dari diadakannya kegiatan manasik yaitu mengajarkan kepada siswa agar mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak dibolehkan selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu siswa akan praktik langsung mulai tawaf, sai, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci. 

   Manasik haji ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 9. Kemudian untuk kelas 7 dan 8 memiliki tugas untuk melaporkan rangkaian kegiatan manasik yang mereka amati. Pada pelaksanaannya setiap kelas 9 akan dibentuk menjadi beberapa rombongan dan pimpin 1 ketua rombongan dan 2 pendamping. Berikut ini nama-nama ketua rombongan manasik haji antara lain Bapak H. Tamtomo, H. Rouyani Itmam, dan H. Zainul Arifin. Kegiatan ini dimulai pukul 07.00-11.00 wib. Beberapa lokasi yang digunakan yaitu depan kantor tata usaha, lapangan upacara, tempat parker, dan lapangan belakang madrasah.

  Kemudian hari selasa (13/8), puncak kegiatan perayaan idul adha di madrasah yakni membakar sate sepanjang 1000 meter dan lomba kebersihan kelas. Pada tahun ini madrasaha menyembelih 2 ekor sapi. Daging dari hasil penyembelihan akan dibagikan kepada semua Bapak Ibu guru dan staf/karyawan, warga sekitar madrasah, dan setiap kelas untuk bahan membuat sate. Semua siswa-siswi madrasah akan secara bersama-sama membakar sate di depan kelas masing-masing sepanjang 1000 meter. Setelah sate matang semua siswa beserta bapak ibu guru menikmati makan sate secara bersama-sama. Selain itu kegiatan pada hari kedua yaitu lomba kebersihan kelas. Semua kelas akan dinilai mulai dari kebersihan, kelengkapan, dan kekreativitasan di kelas. Juara lomba kebersihan kelas akan diambil sebanyak 3 kelas.

     Semua rangakain kegiatan perayaan idul adha mulai dari manasik sampai penyembelihan hewan kurban di madrasah berjalan dengan lancar. Tujuan utama dari semua kegiatan di madrasah ini agar semua bisa memaknai dan mengamalkan nilai-nilai yang terdapat di hari raya idul adha salah satunya yaitu sikap ikhlas.

(hms/mtsn3kdr)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT