MTsN 3 Kediri

Jalan Pahlawan - Purwoasri - Kabupaten Kediri

Madrasah Hebat Bermartabat

Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk di MTS Negeri 3 Kediri

Jum'at, 20 September 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 743 Kali

   Purwoasri, (20/9) - Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk merupakan gerakan penanggulangan penyakit demam berdarah (DBD) yang dicanangkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI).  Gerakan ini juga bekerja sama dengan PMI daerah dan dinas kesehatan setempat yang langsung terjun ke sekolah/madrasah.

    Kali ini MTS Negeri 3 Kediri berkesempatan mendapatkan kunjungan kegiatan “Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk”. Kegiatan tersebut turut dihadiri Musyawarah Pimpinan Kecamatan (MUSPIKA) mulai dari perwakilan Camat, Kapolsek, Koramil, Puskemsmas Purwoasri dan Ibu Yaqutatun selaku pengawas madrasah. Kegiatan turut melibatkan siswa-siswi PMR/UKS MTS Negeri 3 Kediri yang ditunjuk sebagai peloport “Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk”.

    Pukul 08.00 wib, kegiatan ini dimulai diawali dengan pembacaan doa dan sambutan para tamu undangan. Pada sambutannya Bapak Drs. Jamiluddin, M.Pd.I selaku Kamad MTsN 3 Kediri menyampaikan kepada semua peserta sosialisasi baik PMR/UKS dapat mengambil banyak ilmu dan menerapkan ilmu pencengahan dan persebaran penyakit yang disebabkan oleh nyamuk baik di madrasah maupun rumah. “Kalian yang duduk di sini adalah pelopor dari gerakan pemberantasan sarang nyamuk.” tegas Bapak Jamil kepada peserta.

   Setelah itu dilanjutkan sambutan dari pihak kecamatan yang diwakili sekretaris camat Purwoasri. Beliau menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan agar terhindar dari segala macam penyakit terutama penyakit yang disebarkan oleh nyamuk. “Ayo kita bersama-sama menjaga kebersihan dengan menerapkan 3M+ !”, ajak beliau kepada semua peserta. Beliau juga menambahkan agar ilmu berkaitan dengan pencengahan dan persebaran penyakit yang disebabkan nyamuk bisa diterapkan tidak hanya di madrasah tetapi juga di rumah.

  Pada acara inti penyampaian materi yang disampaikan oleh Ibu Wiwit selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Purwoasri. Beliau menyampaikan mulai dari penyebab penyakit DBD, ciri-ciri terkena DBD, cara penularan, dan pencegahan penyakit tersebut. “Persebaran penyakit DBD disebabkan nyamuk yang berkembang biak di tempat lembab contohnya di kamar mandi. Maka mulai sekarang kita bersama-sama bersihkan rumah dan kamar mandi kita seacara rutin. Caranya yaitu dengan menerapkan  3M+.” jelas Ibu Wiwit.

   Acara sosialisasi “Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk” selesai pukul 10.00 wib. Kemudian dilanjutkan siswa-siswi PMR/UKS bersama tim puskesmas beserta perwaklian Muspika mengecek kamar mandi di madrasah untuk melihat ada atau tidaknya jentuk-jentik dan membersihkannya.

(hms/mtsn3kdr)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT