MTsN 3 Kediri

Jalan Pahlawan - Purwoasri - Kabupaten Kediri

Madrasah Hebat Bermartabat

Semarak Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MTsN 3 Kediri

Jum'at, 08 November 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 195 Kali

  Purwoasri (8/11) – Sangat terasa kemeriahan menyambut Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MTsN 3 Kediri. Sejak pagi terasa hiruk-pikuk panitia mempersiapkan pengajian dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW. Pengajian diikuti seluruh bapak/ibu guru, staf/karyawan tata usaha, dan seluruh siswa kelas 7,8,9. Kegiatan ini bertempat di lapangan madrasah dan dimulai pukul 07.00  wib.

   Ada yang unik pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MTsN 3 Kediri tahun ini. Karena sebelum pengajian dimulai seluruh bapak/ibu guru, staf/karyawan tata usaha, dan seluruh siswa kelas 7,8,9 makan bersama dengan berkat (makanan) yang dibawa.

   Pengajian dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh siswa MTsN 3 Kediri. tidak ketinggalan penampilan hadrah dan habsyi dari siswa-siswi MTsN 3 Kediri yang memukau. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Bapak Drs. Jamiluddin, M.Pd.I selaku Kamad MTsN 3 Kediri. Pada sambutannya Beliau menyampaikan Bulan Maulid adalah bulan penuh kebaikan dan keberkahan yang mana merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. “Hendaknya kita semua bisa meniru ucapan dan perilaku Beliau Baginda Nabi Muhammad SAW dan semoga kita kelak di hari akhir nanti mendapatkan syafaatnya Aamiin,” tutur Bapak Jamil mengakhiri sambutannya.

  Pada acara inti pengajian ini yaitu ceramah dari Gus Naim asal Nganjuk. Pada ceramahnya Beliau menceritakan singkat tentang Maulid Nabi Muhammad SAW. Dimana peristiwa ini merupakan peristiwa besar yakni Lahirnya bayi yang kemudian menjadi Nabi ini merupakan momentum yang disambut penuh keceriaan oleh umat Islam sedunia. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini diperingati pada tanggal 12 Rabi’ul Awal yang merupakan hari lahir sang Nabi terakhir setiap tahunnya.Hari ini, sekitar 1.400 tahun lalu, sosok bayi yang mulia lahir ke dunia. Sang Ayah, Abdullah bin Abdul Muthalib, menamai putra yang dilahirkan sang istri, Aminah, itu Muhammad.

   Selain itu Beliau juga menyampaikan betapa pentingnya seorang anak atau siswa harus taat kepada kedua orang tua dan gurunya. “Berbakti dan memuliakan kedua orang tua merupakan perilaku yang diajarkan oleh  Nabi Muhammad SAW dan perlu kita terapkan,” tutur Gus Naim. Acara pengajian dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW selesai pukul 11.00 wib.

(hms/mtsn3kdr)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT