DIKLAT JURNALISTIK BERSAMA RADAR KEDIRI DI MTS NEGERI 3 KEDIRI

    Purwoasri (12/9) – MTs Negeri 3 Kediri mengadakan diklat jurnalistik yang bekerja sama dengan Radar Kediri. Diklat ini diikuti oleh seluruh peserta ekstra jurnalistik yang berjumlah 45 orang. Kegiatan diklat ini bertempat di Aula MTsN 3 Kediri dan dimulai pukul 08.00 wib.

   Diklat ekstra jurnalistik bersama Radar Kediri diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Bapak H. Zainul Arifin, M.Pd.I selaku waka humas mewakili Kepala MTsN 3 Kediri Bapak Drs. Jamiluddin, M.Pd.I yang berhalangan hadir. Upacara pembukaan juga turut mengundang Bapak dan Ibu Waka Fungsionaris MTsN 3 Kediri. “Saya selaku perwakilan Bapak Kamad dan madrasah berharap ekstra jurnalistik dapat hidup kembali dan berkembang yang setelah beberapa tahun vakum,” sambutan Bapak Zainul. Beliau juga menambahkan dengan kegiatan diklat bekerja sama dengan Radar Kediri sebagai ajang mencari ilmu sebanyak-banyaknya berkaitan dengan dunia kewartawanan dan dapat memunculkan calon wartawan-wartawan handal di masa yang akan datang.

    Setelah sambutan dari Bapak H. Zainul Arifin, M.Pd.I, dilanjutkan doa yang dipimpin Bapak Komarodin, S.Pd. Kemudian tiba acara inti yaitu penyampaian materi tentang dunia kewartawanan yang disampaikan oleh Bapak Rully Prasetyo dan M. Bagus Ramadhan.

   Bapak Rulli menyampaikan materi proses mencari berita sampai penyebaran berita kepada khalayak ramai. Selain itu beliau juga menjelaskan mulai dasar pengertian, jenis, struktur, ciri bahasa, dan media penyebaran berita. “Kunci menjadi seorang wartawan itu pertama harus menyukai pekerjaannya yang dilakukannya dan tidak menjadikan pekerjaan sebagai beban,”tutur Beliau. Selain itu beliau juga menyampaikan materi tentang fotografi dalam dunia kewartawanan. Beliau menjelaskan cara menggunakan kamera yang benar dalam dunia kewartawanan.

     Dalam penyampaian materi sesekali beliau juga memberikan candaan agar suasana lebih mencair dengan peserta. Maka tidak heran dalam tengah-tengah penyampaian materi beberapa kali gelak tawa dari peserta diklat. Selain itu Bapak Rulli dan Mas Bagus juga mengajak bermain para peserta dan memberikan hadiah kepada peserta yang beruntung. Terlihat jelas raut wajah peserta diklat sangat antusias dan senang mengikuti kegiatan tersebut.

    Pemberian materi dari Radar Kediri selesai pukul 11.00 wib. “Semoga kalian semua bisa menjadi wartawan atau penulis yang sukses di masa yang akan datang,” tutup Bapak Rulli sekaligus mengakhiri materinya.

   Kemudian acara diklat dilanjutkan penugasan untuk membuat berita secara individu tentang kegiatan diklat jurnalistik yang dilaksanakan hari ini. Dalam penugasan ini peserta diklat dibimbing langsung oleh Bapak Isma Pranata Hilma, S.Pd. selaku pembina ekstra jurnalistik.

“Saya sangat senang bisa mengikuti diklat ini. Saya banyak mendapat ilmu tentang dunia berita langsung dari sumbernya,” ujar Adam Aris peserta diklat. “Pematerinya pun sangat ramah dan mudah dipahami materi yang disampaikan,” imbuh Elza ketua panitia diklat. Acara diklat selesai pukul 13.00 wib.

(hms/mtsn3kdr)

Tulisan Lainnya
LOMBA PENULISAN ARTIKEL KEPENDUDUKAN 2021 "BERANI LAWAN NAPZA" OLEH AGELYA DWI NURAINI N. DARI MTSN 3 KEDIRI

BERANI LAWAN NAPZA Hai teman-teman! Apakah Kalian tahu apa itu Napza?    Napza merupakan akronim dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Napza mengandung oba

02/11/2021 08:34 - Oleh Administrator - Dilihat 1371 kali
Penilaian Akhir Tahun 2019/2020 Hari Kedua di MTsN 3 Kediri Jawa Timur

   Kabupaten Kediri, Jawa Timur  (MTsN 3) – Pada pelaksanaan  Penilaian Akhir Tahun (PAT)  hari kedua di  MTsN 3 Kediri, Jawa Timur berjalan dengan l

04/06/2020 13:45 - Oleh Administrator - Dilihat 1300 kali
Penilaian Akhir Tahun 2019/2020 di MTsN 3 Kediri Jawa Timur

    Kabupaten Kediri, Jawa Timur (MTsN 3) – Di tengah pandemic covid-19 hampir semua sektor terdampak takterkecuali di dunia pendidikan. Pada pelaksanaan Penilain A

03/06/2020 12:56 - Oleh Administrator - Dilihat 2652 kali
Peringatan Hari Anak Internasional di MTsN 3 Kediri

  Purwoasri (7/11) - Dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional dan menindaklanjuti surat edaran terkait pelaksanaan sehari belajar di luar kelas dari Kementerian Pemberdaya

07/11/2019 13:00 - Oleh Administrator - Dilihat 1714 kali
MTsN 3 Kediri Berjaya di Tingkat Jawa Timur

  Purwoasri (28/10) – Siswa MTsN 3 Kediri menyabet juara 2 di Olimpiade PAI (Pendidikan Agama Islam) tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan di UINSA Surabaya. Olimpiade PAI

29/10/2019 16:27 - Oleh Administrator - Dilihat 1881 kali